inilah tampilan Yamaha YZF R15 V4 yang mengadopsi mesin DOHC, Apa itu Mesin DOHC??
DOHC adalah Double Over Head Camshaft, dan SOHC adalah Single Over Head
Camshaft. Dari singkatan tadi bisa disimpulkan perbedaan DOHC dan SOHC
adalah pada jumlah camshaft (noken as) yang ada pada head cylinder.
Camshaft adalah batang silinder yang berfungsi untuk mengatur timing
buka tutup katup (klep) masuk bahan bakar dan katup keluarnya gas buang.
Mesin DOHC memiliki dua camshaft sedangkan SOHC hanya satu camshaft.
Kelebihan,
Kelebihan mesin DOHC adalah dengan 4 katup yang langsung digerakkan camshaft membuat asupan bahan bakar melimpah, sehingga power mesin lebih besar dan stabil di putaran mesin (rpm) yang tinggi (torsi bekerja lebih baik pada kecepatan tinggi / top-end power).
Kelebihan mesin DOHC adalah dengan 4 katup yang langsung digerakkan camshaft membuat asupan bahan bakar melimpah, sehingga power mesin lebih besar dan stabil di putaran mesin (rpm) yang tinggi (torsi bekerja lebih baik pada kecepatan tinggi / top-end power).
Kekurangan,
– Relatif lebih boros bahan bakar.
– Biaya produksi dan perawatan lebih tinggi
– Suku cadang dan proses reparasi lebih banyak.
– Putaran bawah mesin lebih berat karena harus menggerakkan dua camshaft.
– Relatif lebih boros bahan bakar.
– Biaya produksi dan perawatan lebih tinggi
– Suku cadang dan proses reparasi lebih banyak.
– Putaran bawah mesin lebih berat karena harus menggerakkan dua camshaft.
kalau benar Yamaha mengeluarkan V4 ini , pasti lebih wow dengan mesin yang baru, apa akan sama menggunakan VVA yang sudah di pasang di YZF R15 V3, gabungan mesin DOHC dengan VVA
Kalau benar R15 diupdate desain R-series “betulan”dan jeroan dengan DOHC
“beneran” apa kompetitor gak akan mati kutu hahaaa
No comments:
Post a Comment